Hutan Mangrove PIK, Wisata Alam Pesisir Jakarta

Hutan Mangrove PIK, Wisata Alam Pesisir Jakarta

Terbit pada 2016-10-14, 16:50:00 WIB. Oleh : Fuad Nur Hasan, Dibaca : 1563 kali

Hutan Mangrove PIK, Wisata Alam di Jakarta yang menawarkan sejuta spot cantik buatk selfi.

Sekarang banyak sekali kaula muda yang lagi gencar gencarnya ngumpulin foto yang bagus buat diposting di akun instagram. Biar makin banyak followernya gitu.

Yap, makin banyak foto yang unggah di akun instagram mu, makin banyak juga yang ngefollow. Tentunya foto yang berkualitas.

Biar akun instagrammu makin kece, sukagitu akan berbagi  info tempat wisata alam yang kece badai. Ini dia tempatnya, Wisata Hutan Mangrove PIK.

hutan mangrove PIK

Seperti Apa Wisata Alam Hutan Mangrove PIK?

Penasaran kan seperti apa kawasan wisata alam hutan mangrove pik itu? Sini, yang jauh mendekat, yang dekat merapat. Sukagitu akan menjelaskan dan mendeskripsikan seperti apa wisata alam hutan mangrove pik.

 

Hutan Mangrove Pik adalah sebuah wisata alam yang menyuguhkan keasrian hutan bakau dengan spot tempat yang dibuat khusus untuk para turis yang sengaja berwisata kesini.

Kawasan wisata alam hutan mangrove pik cukup luas. Jadi, bagi kamu yang ingin berjalan jalan keliling tempat wisata hutan mangrove pik, lebih baik naik ke atas menara.

Selain bisa menikmati pesona alam yang begitu indah dari atas, kamu pun bisa tahu tempat mana yang bagus untuk disinggahi terlebih dahulu.

Tiba dipintu gerbang, tidak jauh darisana, kamu akan menemukan mushala. Tepat beberapa langkah dari pintu gerbang, disebelah kiri. Selain untuk beribadah, kamu bisa bersantai menikmati pemandangan dari belakang mushala tersebut.

Jangan kaget ya kalau banyak orang berlarian saat ingin masuk menuju mushala. Karena lantai menuju mushala terasa panas, apalagi kita berjalan tanpa menggunakan alas kaki. Lurus setelah melewati mushala, ada tempat parkir kemudian tempat penukaran tiket.

Tarif Tambahan untuk kamera non-handphone

Ketika kamu menukarkan tiket, kamu pasti akan ditanya oleh petugas tiket tersebut apakah kamu membawa kamera selain kamera hp atau tidak. Karena kamu tidak diijinkan untuk berfoto bebas menggunakan kamera selain dari hp.

Jika kamu ingin menggunakan kamera selain hp, seperti kamera SLR, DSLR, DIGITAL, kamu akan dikenakan tarif sebesar Rp. 1.500.000,00. Dan tidak lupa juga, kamu akan diberi kantung plastik dari petugas sebagai tempat sampah supaya tidak membuang sampah sembarangan.

 

Bahkan jika kamu mengembalikan plastik tersebut dengan terisi penuh sampah yang kamu kumpulkan dari kawasan wisata alam hutan mangrove pik, kamu akan mendapatkan minuman gratis. Lumayan tuh dapat minum gratis. hhhe

Oke, setelah menukar tiket, beberapa langkah dari situ, akan ada petunjuk arah. Jika lurus, kamu akan menuju ke jembatan besar, sedangkan jika kamu pilih ke arah kanan, kamu akan menuju ke kantin. Saran sukagitu sih kamu pilih arah ke kantin saja. Mengapa? Karena di sekitar kantin, disitulah tempatnya buat kamu yang suka selfie.

Apa saja spot cantik yang pas untuk berselfie di kawasan hutan mangrove pik?

Yang pertama

Payung payung yang bergelantung, tepat disamping kantin. Berupa lapangan kosong dengan tempat duduk memanjang di sampingnya.

mangroove payung kantin

Kedua

Saat kamu berjalan lurus, tepat di depan kantin, ada jembatan gantung seperti jaring jaring yang dirangkai menggunakan tambang.

 

mangrove pik outbond

Ketiga

Tepat di depan jembatan gantung, ada serangkaian pohon yang digantungi lampu lampion dengan beraneka warna.

jembatan gantung pik

Keempat

Tempat berteduh yang unik. Bentuknya seperti rumah panggung. Ada yang kecil, pas untuk dua orang saja. Ada juga yang besar.

mangrove pik gubuk

Kelima

Bentuknya seperti panggung. Banyak payung bergelantung dengan beraneka warna. Terdapat dua kursi besi disitu.

mangrove payung panggung

Keenam

Dibelakang panggung dengan payung bergelantung, ada menara berwarna hijau. Menurut sukagitu, kamu wajib naik menara ini agar semua pemandangan bisa kamu nikmati dari atas.

menara mangrove pik

Ketujuh

Disamping menara terdapat rumah rumah mungil. Rumah tersebut adalah penginapan yang telah disediakan dari pihak pengelola penginapan hutan mangrove pantai indah kapuk wisata alam hutan mangrove pik untuk para pelancong yang ingin menginap disana.

penginapan hutan mangrove pantai indah kapuk

Kedelapan

Lurus setelah rumah mungil, terdapat toilet. Dibelakang toilet ada jalan menuju penginapan yang berderet diatas air. Dan dibagian tengah terdapat pondok yang agak besar dan terdapat lampu lampion khas china.

hutan mangrove pik lampion

Kesembilan

Pos tempat penyewaan perahu dayung. Ditengah perairan terdapat panggung. Jika ingin berfoto disitu, kamu harus melewati jembatan gantung. Dan jembatan gantung tersebut menjadi salah satu tempat yang ramai diminati pengunjung untuk berfoto.

Kesepuluh

Dari jembatan gantung, jika ambil arah ke kiri, kamu akan menyusuri jalanan yang beralas kayu dan bambu dengan disertai pepohonan. Sedangkan jika lurus, kamu akan mengarah menuju pantai.

pik jalan setapak

Kesebelas

Jembatan besar. Dari jembatan besar, kamu bisa menikmati indahnya perairan yang dipenuhi ikan ikan, serta tumbuhan bakau. Jika kamu berfoto disini, akan terlihat pemandangan yang indah, yaitu deretan penginapan yang berada di seberang sana.

Nah, itu dia tempat tempat cantik yang ada di hutan mangrove pik.

Tarif Wisata Hutan Mangrove PIK

  1. Tiket masuk Rp. 25.000/orang untuk wisatawan domestik dan Rp. 2.50.000/orang untuk wisatawan asing atau mancanegara.
  2. Kendaraan bermotor (roda dua), dikenakan biaya parkir Rp.5000/unit
  3. Mobil, dikenakan biaya parkir Rp. 10.000/unit
  4. Untuk yang berwisata ke Taman Mangrove PIK bersama rombongan bus, dikenakan biaya parkir Rp. 50.000/unit
  5. Kamera selain kamera hp, dikenakan biaya charger sebesar Rp. 1.500.000
  6. Tarif penyewaan perahu Rp. 250.000/perahu untuk 6 orang. Sedangkan Rp. 350.000/perahu untuk 8 orang.
  7. Tarif penyewaan dayung dan kano Rp. 100.000/45 menit.
  8. Rumah tenda di atas air: Rp 450.000/malam, maksimal 2 orang
  9. Rumah tenda di atas air AC: Rp 600.000/malam, maksimal 2 orang
  10. Sewa Villa, mulai dari Rp 1.300.000 sampai Rp 6.000.000 per malam

Rute Menuju Taman Wisata Alam Hutan Mangrove PIK

Taman Wisata Alam Hutan Mangrove PIK berada di Angke, Kapuk Muara, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Untuk menuju ke Taman Wisata Alam Hutan Mangrove, kamu dapat menggunakan angkutan umum BKTB (Bus Kota Terintegrasi Busway) yang berwarna biru.

Bus ini berukuran sedang dan ber-AC. Kamu bisa naik bus ini dari halte monas. Karena memang bus ini memiliki rute Monas-PIK. Tidak harus menunggu di Monas, kamu dapat naik bus ini dari halte busway harmoni atau halte lainnya yang termasuk rute bus ini.

Tapi jika kamu ingin mendapat duduk, lebih baik naik dari halte monas. Dulu jika menaiki bus ini, dikenakan biaya 6000 rupiah. Tapi semenjak bergabung dengan bus transjakarta, kamu tidak dikenakan biaya apapun kecuali membayar tiket masuk halte busway yaitu 3.500 rupiah. Darisini kamu turun di depan sekolah Budha Tzu Chi.

Kalo belum tahu, kamu tinggal bilang ke petugas busway, tapi jika kamu malu bertanya, petugas busway sudah mengerti kok, sesampainya di depan Buddha Tzu Chi, petugas busway akan memberitahukan kepada penumpang untuk bersiap turun disitu bagi yang ingin ke Taman Wisata Alam Hutan Mangrove.

Buddha Tzu Chi Hutan Mangrove PIK

Jangan lupa foto disini, biar kayak di Korea. Foto: tzuchi.or.id

Setelah turun dari busway, kamu tinggal jalan kaki lurus saja ikuti sesuai jalan, jika takut nyasar, kamu bisa bertanya kepada petugas keamanan yang berjaga disektar Buddha Tzu chi.

Setelah jalan lurus, kamu akan melihat Plang papan bertuliskan Taman Wisata Alam Hutan Mangrove. Nah, darisitu belok kanan. Sampai deh di tempat tujuan yaitu Taman Wisata Alam Hutan Mangrove. Selamat berwisata ^_^

NB: Rute atau jalur yang dilewati bus BKTB Monas-PIK

Pasar Modern Pantai Indah Kapuk – Putaran Tzu Chi Center- RS Pantai Indah Kapuk – Taman Suaka Margasatwa Angke – Jembatan Muara Angke – Green Bay Pluit – Pantai Mutiara – Waduk Pluit – Landmark Pluit – Pakin – Gedong Panjang – Kota Tua – Museum Fatahillah (Museum Sejarah Jakarta) – Kota – Harmoni – Monumen Nasional (Monas) – Balaikota Jakarta – Stasiun Gambir – Tugu Tani – Halte Telkom – Balaikota Jakarta – Monas – Harmoni – Kota – Jembatan Tiga – Bandengan Selatan – Penjaringan – Pantai Mutiara – Green Bay Pluit – Jembatan Angke – Taman Margasatwa Angke – RS PIK – Tzu Chi Center – Fresh Market Pantai Indah Kapuk.

Jika kamu ingin pulang dari Taman Wisata Alam Hutan Mangrove PIK, kamu tinggal menyebrangi jembatan. Pas diseberang sekolah Budha Tzu Chi, kamu tunggu saja bus BKTB.

Heittt jangan asal nunggu ya, bus ini tidak akan berhenti disembarang tempat. Kamu harus menunggu pas ditempat yang terdapat plang bertanda khusus busway.

busway pik

Ilustrasi: Jangan norak norak amat lah 

Ada gambar mobil kok di papannya. Bisa bayar langsung di dalam mobil. Bisa cas atau lewat kartu.

Tips Berwisata di Hutan Mangrove PIK

Tips ini berlaku untuk berwisata di hutan mangrove PIK ataupun tempat dengan medan yang sama.

Oke deh, agar perjalanan wisata kamu nyaman, sebelum berangkat ke Taman Wisata Alam Hutan Mangrove Pik, ada baiknya ikuti tips berikut ini :

1. Pakaian

Pakaian yang indah, belum tentu indah disetiap keadaan. Maksud saya, sesuaikan dengan kondisi lingkungan. taman wisata Hutan Mangrove Pik cuacanya cukup panas. Wajar saja, karena lokasinya dekat dengan pantai.

Usahakan memakai pakaian yang adem di badan. Walaupun panjang, tidak apa apa, untuk menutupi tubuh kamu agar tidak terkena paparan sinar matahari langsung, asal bahannya tidak terlalu tebal.

Sebenarnya hak kamu mau memakai pakaian apapun, setidaknya sesuaikan dengan keadaan lingkungan dan yang pasti tetep bikin nyaman.

2. Alas kaki

Ini masih ada kaitannya dengan yang diatas, yaitu yang kamu kenakan. Keadaan lingkungan di Hutan Mangrove PIK masih benar benar alami sehingga jalanan pun kebanyakan tanah. Hanya dibagian bagian tertentu saja yang beraspal.

Diarea sekitar Hutan Mangrove PIK, kamu akan melewati jalanan yang menggunakan bambu atau kayu, bahkan kebanyakan itu.

hutan mangrove tips

Dengan keadaan jalan seperti itu, tentunya tidak memungkinkan jika pengunjung khususnya cewek menggunakan sepatu high heels.

Jangan sampai hal hal yang tidak diinginkan terjadi hanya gara gara salah memakai sepatu, seperti jatuh, terpeleset, tergelincir, hak nya masuk ke cela cela bambu atau kayu.

Jadi, lebih baik memakai flat shoes, flat sandals, sneakers agar jauh lebih nyaman.

Jika kamu ingin mengenakan jenis sepatu oxford atau ballet flat, masih cukup aman. Hindari mengenakan sepatu jenis wedges, pumps, stiletto, Kitten Heels dan statement heels. Tapi, semua keputusan ada ditangan kamu ya girls 

3. Perbekalan

Sekali berwisata bikin kantong jebol, pastinya kamu ga mau kan? Supaya lebih hemat, ga menguras isi kantong, usahakan membawa perbekalan dari rumah, seperti nasi, tentunya dengan lauk pauknya, cemilan, seperti snack dan makanan ringan lainnya, dan minum.

Di Hutan Mangrove PIK, hanya ada satu kantin, itu pun hanya menjual minuman serta cemilan seperti snack. Tidak menjual nasi. Harganya pun lumayan mahal.

Jadi, pastikan perut kamu kenyang jika merasa repot untuk membawa bekal. Tapi, jika kamu membawa bekal, secukupnya saja, jangan banyak banyak ya, nanti dikira mau jualan lagi. Hahaha

4. Kamera

Berwisata tanpa berfoto, ibarat makan tanpa lauk, hambar vroh. hihihi. Saat berwisata, tentunya kita ingin mengabadikan momen tersebut, satu satunya cara yaitu dengan berfoto.

Mulai dengan menggunakan kamera hp, bahkan dengan kamera SLR, DSLR, dan kawan kawannya, supaya kualitas foto yang didapat bagus.

Tapi, jika kamu berwisata ke Hutan Mangrove IK, bagi yang mengenakan kamera yang telah dijelaskan diatas, akan dikenakan denda.

Kecuali jika kamu membayar sesuai tarif. Jadi, jika cuma modal kamera, gada uang buat bayar, mending siapin hp dengan kualitas kamera yang bagus. Daripada berat berat bawa kamera tapi tetap gak kepake juga.

 

Sumber : http://sukagitu.com/hutan-mangrove-pik/



Bagikan Artikel :


Baca Juga :