Mengenal Perintah Dasar di HTML

Mengenal Perintah Dasar di HTML

Terbit pada 2016-10-15, 15:35:53 WIB. Oleh : Fuad Nur Hasan, Dibaca : 415 kali

Mengenal Perintah Dasar di HTML - Baiklah setelah rekan-rekan membaca postingan saya sebelum nya mengenai "Mengenal Website, HTML, PHP dan CSS" sekarang kita akan belajar perintah-perintah dasar HTML yang sering kita gunakan dalam pembuatan sebuah website. Nah.. apa saja sih yang harus kita pahami di HTML ini? Kita bahas satu-satu yah.

Pertama ketika kalian membuka website ada tag yang menyatakan jenis dokumen apa sih website ini. Biasanya ada di baris paling awal seperti ini <!DOCTYPE html>. Ini menandakan dimulainya baris atau perintah HTML.

Yang kedua adalah tag HTML pembuka dan penutup sebagai awal dan akhir dari konten HTML tersebut. Seperti ini <html>.................</html>. Diantara tag pembuka dan penutup HTML inilah kita akan memberikan perintah-perintah HTML untuk membentuk sebuah website. Apa saja sih? Ada head, title, meta tag, body. Kita bahas mulai dari head.

<head>....</head> ini adalah bagian atas/kepala sebuah website biasanya berisi perintah untuk memberikan title (judul sebuah halaman website), kemudian memberikan meta tag yang digunakan sebagai sarana penunjang SEO (Search Engine Optimization), kemudian ada juga perintah yang digunakan untuk memasukkan style atau tampilan website yang kita buat baik CSS maupun javascript. Dibawah ini adalah contoh untuk bagian head/kepala sebuah website :

<head> <!-- ini tag pembuka head -->

<meta charset="utf-8"> <!-- jenis dokumen utf-8 -->

<meta name="author" content="Fuad Nur Hasan"> <!-- ini untuk autor/pembuat website -->

<meta name="description" content="Deskripsikan halaman website Anda"> <!-- ini untuk deskripsi halaman website -->

<meta name="keyword" content="Disini bisa berisi keyword halaman website, pisahkan dengan koma"> <!-- ini untuk keyword website -->

<title>Mengenal Perintah Dasar di HTML</title> <!-- ini lah judul website -->

<link href="" rel="stylesheet"> <!-- ini adalah bagian untuk memasukkan style website -->

<script src=""></script> <!-- ini adalah bagian untuk memasukkan javascript/plugin website -->

<link rel="shortcut icon" href=""> <!-- ini untuk memasukkan favicon website -->

</head>

Nah diatas itu adalah bagian kepala/head sebuah website. Jangan mabok dulu yah. Tenang dulu ngopi dulu. Hehehehe...

Yuk kita lanjut kebagian isi konten atau biasa disebut tubuh website (body). Dengan tag <body>........</body>. Nah, apa saja yang bisa masuk kedalam body? Banyak sekali bahkan hampir semuanya implementasinya di dalam body ini. Bisa <div>...</div>, <p>....</p>, <br>, <hr>, <a>...</a>, <table>...</table>, <form>...</form>. Mari kita bahas satu-satu.

<div>...</div> ini biasanya digunakan untuk mengimplemantasikan perintah yang kita buat di dalam file CSS kita. Untuk memanggil perintah CSS yang diawali dengan tanda (.) maka kita panggil di div dengan perintah class. Contoh : kita buat perintah CSS <style>.header{.......}</style> berarti kita panggil di dalam div dengan perintah <div class="header">.....</div>. Kemudian ada lagi id bedanya jika class diawali (.) di CSS kalau id diawali (#) di CSS.

<p>...</p> ini digunakan untuk mengawali sebuah paragraf jadi apapun text yang kita masukkan di dalam tag ini akan dianggap sebagai sebuah paragraf. 

<br> ini merupakan tag tunggal jadi tidak ada tag penutupnya. <br> ini digunakan untuk pindah baris ke baris berikutnya.

<hr> ini juga merupakan tag tunggal yang berfungsi untuk memberikan garis horizontal.

<a>...</a> ini digunakan untuk memberikan sebuah link. Contoh : <a href="disini-link-nya.html">Klik Disini</a>.

<table>...</table> ini digunakan untuk membuat sebuah table. Ada beberapa komponen di dalam tab table ini yaitu ada <tr>...</tr>, <th>...</th>, <td>...</td>. <tr> atau table row digunakan untuk membuat baris baru sebuah table. Baris itu bisa berisi judul <th> atau detail <td>. Implementasinya akan saya bahas di artikel berikutnya.

<form>...</form> ini digunakan untuk membuat sebuah form yang akan kita isi dengan formulir atau bilah isian lainnya. Lebih lengkapnya akan saya bahas di artikel berikutnya.

Nah itu dia sedikit pembelajaran tentang HTML. Jangan lupa share artikelnya karena ilmu harus kita sebarkan agar barokah. Sampai jumpa lagi di artikel-artikel berikutnya.



Bagikan Artikel :


Baca Juga :