Panorama Alam Kabupaten Sukoharjo

Panorama Alam Kabupaten Sukoharjo

Terbit pada 2016-10-16, 11:50:56 WIB. Oleh : Fuad Nur Hasan, Dibaca : 771 kali

Panorama Alam Kabupaten Sukoharjo - Kabupaten Sukoharjo yang terletak di karisidenan Surakarta Jawa Tengah ini ternyata mempunyai panorama alam yang Indah luar biasa. Jika Anda berkunjung ke Solo dan sekitarnya tak salah jika Anda mampir dan berkunjung di tempat-tempat wisata Alam di Kabupaten Sukoharjo yang sering disapa masyarakat sebagai kota makmur ini. Apa saja yang ditawarkan oleh Kabupaten Sukoharjo untuk Anda?

1. Gunung Sepikul

/* Dokumentasi Ngadem.com

Gunung Sepikul ini terletak di desa Gentan, Kelurahan Tiyaran, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Udara disini masih sangat segar, suasana pedesaan di sekitar gunung ini menjadi pemandangan nan asri indah dipandang mata. Hijaunya tetumbuhan disekitar gunung menjadikan mata ini tak lelah dalam memandang. Menghilangkan penat dari kesibukan pekerjaan kita sehari-hari dan menenangkan pikiran dengan menghirup udara segar.

Menurut mitosnya gunung sepikul ini adalah bebatuan yang dibawa oleh Bandung Bondowoso untuk membangun candi Nyi Roro Jonggrang namun terjatuh di Sukoharjo. Itu mitosnya. Tapi g usah takut, adem kok yakin lah sumpah. Hehe...

2. DAM Colo (Bendungan Colo)

/* Dokumentasi Ngadem.com

Bendungan Colo ini terletak di desa Pengkol, Kecamatan Nguter, Kabupaten Sukoharjo. Nggak jauh kok dari pasar Nguter, naik ojek juga sampe. Hehehe.. Disini kalian bisa mancing loh, ikannya gede-gede (kalo pas dapetnya gede) Gratis lagi kan. Bisa selfie ria sama pacar (tapi hati-hati jangan sembarangan). Pokoknya Jos Gandos lah tempatnya.

Bendungan ini selalu rame di akhir pekan, biasanya banyak yang mancing sama pacaran disini. Yang unik lagi bendungan ini nggak pernah sepi kalau puasa, malah makin rame di sehabis sahur atau menjelang buka puasa. Biasanya banyak anak-anak motor yang nongkis disini sambil unjuk kebolehan dalam freestyle. Mantep dehhh pokoknya.

3. Waduk Mulur

Waduk mulur ini terletak di terletak di desa Mulur, Kecamatan Bendosari, Kabupaten Sukoharjo. Disini kalian bisa mancing sepuasnya GRATIS. Paling jajan doank. Hehehe.. Termasuk mimin nih suka mancing disini. Selain bisa mancing kalian juga bisa menikmati pemandangan sambil makan jajanan di Nila Sari yang langsung view ke waduk. Mantep deh pokoknya kalau disini mimin betah.

4. Curug Krajan

/* Dokumentasi Ngadem.com

Curug ini terletak di desa Krajan, Watu Kelir, Weru, Sukoharjo. Berbatasan langsung dengan kabupaten Gunung Kidul. Curug yang belum banyak dikunjungi wisatawan. Masih cukup sepi dan asri di sini.

Kamu hanya perlu membayar seribu rupiah untuk parkir. Kemudian dari area parkir kamu harus berjalan sekitar 200 meter untuk sampai di curug.

Belum dikelola jadi fasilitas seperti tempat sampah belum ada, mimin ingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan.

5. Umbul Pecinan Batu Seribu

Umbul Pecinan Batu Seribu merupakan salah satu wisata keluarga favorit bagi warga masyarakat Sukoharjo. Umbul Pecinan Batu Seribu berupa taman dan pemandian yang berdiri di lahan seluas 2,5 hektar diatas perbukitan batu kapur. Untuk menuju tempat wisata Umbul Pecinan Batu Seribu ini anda harus melewati jalan yang berkelok dan naik. Ada berbagai fasilitas yang ditawarkan di Umbul Pecinan Batu Seribu ini yaitu kolam renang, sendang, outbond dan juga panggung kesenian. Di Umbul Pecinan Batu Seribu terdapat lele putih yang dikeramatkan oleh warga sekitar karena dianggap sebagai penjelmaan dari Kyai Truno.

Sekian dulu nih artikel dari mimin untuk kalian yang tertarik dengan wisata alam di Sukoharjo. Mampir yahhh ke kota makmur. Salam Antusias dari Mimin.



Bagikan Artikel :


Baca Juga :